6 Penyebab User Windows Tidak Betah Menggunakan Sistem Operasi Linux

January 19, 2017
Selamat datang di zonatkj.net para pemirsa, linux adalah sebuah sistem operasi opensource, semua orang bebas untuk melakukan modifikasi terhadap sistem operasi tersebut. Linux berbeda dengan windows, linux memiliki banyak kelebihan dibandingkan windows, namun windows juga memiliki kelebihan dibandingkan linux, berikut adalah kelebihan linux dibanding windows:
  1. Linux gratis, jika anda ingin menggunakan linux, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginstalnya.
  2. User bebas melakukan modifasi os, linux adalah sistem operasi yang sangat ramah menurut saya, setiap user bebas melakukan modifikasi, seperti mengganti DE (Desktop Environment)
  3. Linux aman / minim virus, karena linux memberi kebebasan pada user, jadi user bisa leluasa untuk membuat kemanan untuk sistem operasi linux.
Untuk lebihnya silahkan anda melihat postingan saya, 10 kelebihan Linux di Banding Windows.
Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas tentang 6 penyebab user tidak betah menggunakan sistem operasi linux.

Meskipun linux memiliki banyak kelebihan daripada sistem operasi windows, banyak user yang tidak betah menggunakan linux, berikut adalah penyebab user tidak betah menggunakan linux.

6 Penyebab User Windows Tidak Betah Menggunakan Sistem Operasi Linux


1. Linux Dinilai Kurang User Friendly

Banyak yang mengatakan bahwa sistem operasi linux itu tidak ramah terhadap user, "linux itu sulit,linux itu ribet", itu adalah kata yang paling sering saya dengar disetiap user linux baru. Sebenarnya linux itu sangat ramah terhadapat user, linux memberi kebebasan terhadap user untuk memodifikasi. Banyak orang mengatakan linux itu sulit, karena mereka masih terbiasa menggunakan sistem operasi windows

2. Kesulitan Menginstal Aplikasi di Linux

Banyak user windows  bermigrasi ke linux, yang masih belum terbiasa untuk menggunakan linux. User yang bilang "tidak bisa install aplikasi di linux", kebanyakan adalah user yang menerapkan cara install aplikasi windows di linux. Install aplikasi pada linux dan windows itu berbeda, pada windows kita tinggal klik setup aplikasi, sedangkan pada linux, kita lebih dahulu mengisikan repository pada linux, update repository, lalu install aplikasi atau paketnya. Sebenarnya kita bisa install aplikasi windows di linux menggunakan wine.

3. Linux Sulit dan Ribet

Linux dinilai adalah sistem operasi yang sulit dan ribet, kenapa ? seperti melakukan konfigurasi ip address di linux, membangun server. User yang beranggapan seperti itu, adalah user yang masih terbiasa menggunakan windows. Dibalik kesulitan mengoperasikan linux, linux adalah sistem operasi yang stabil dan aman.

4 Tampilan Linux Tidak Menarik

Tampilan linux, dinilai kurang menarik, memang windows adalah sistem operasi yang cukup menarik dan banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna komputer di dunia. Namun, salah jika ada orang yang bilang bahwa tampilan linux itu kurang manarik. Linux adalah sistem operasi yang memberi kebebasan kepada user untuk melakukan modifikasi. Dalam linux kita bebas untuk mengganti tema, anda bisa melihat di google, banyak tema linux yang menarik, itu adalah karya dari user-user yang cerdas menurut saya.

5. Linux Tidak Bisa Memutar Video dan Musik

Saya tekankan sekali lagi, linux berbeda dengan windows, dalam segi menginstal aplikasi atau paket, untuk memutar musik dan video pada windows, kita hanya perlu download music player atau video player. Dalam linux juga sama, kita bisa menginstall paket music player dan video player, namun caranya yang berbeda, jika tidak bisa memutar video dan musik pada linux, kita bisa mengunjungi forum linux yang ada di internet, dengan itu kita bisa menambah wawasan kita.

6. Data Hilang Setalah Install Linux

Ini adalah penyebab yang saya rasa membuat user windows tidak betah dan trauma menggunakan linux. Kebanyakan user windows yang bermigrasi ke linux, memiliki permasalahan utama, yaitu cara install sistem operasi linux. Install sistem operasi windows berbeda dengan linux, di linux kita perlu mengisikan beberapa opsi, dan yang paling utama adalah saat melakukan partisi harddisk pada linux. User yang baru pertama kali install linux, kebingungan saat melakukan partisi pada linux. Banyak yang membuat kesalahan pemartisian yang menyebabkan data yang ada di partisi lain terhapus. Jika anda ingin dualboot windows dan linux, anda perlu memperhatikan partisi yang anda gunakan.

Masih banyak faktor penyebab user windows tidak betah menggunakan linux, mengapa itu bisa terjadi ? Karena pada pertama melakukan pembelajaran komputer, banyak sekolah yang menggunakan sistem operasi windows. Itu saya tentang 6 Penyebab User Windows Tidak Betah Menggunakan Sistem Operasi Linux, saya harap postingan di atas bisa menambah sedikit informasi untuk anda
Previous
Next Post »
0 Komentar