Kenapa Laptop Mati Sendiri Saat Bermain Game ? Penyebab dan Cara Mengatasinya

January 10, 2017
Assalamualaikum, selamat datang di zonatkj.net, untuk artikel kali ini saya akan membahas seputar permasalahan yang sudah umum dan banyak dialami oleh para pengguna komputer/laptop, yaitu laptop mati sendiri saat bermain game. Komputer dan laptop adalah perangkat yang berbeda, komputer membutuhkan tenanga listrik untuk menghidupkannya, dalam hal ini sebenarnya ada yang memakai UPS (Penyimpan daya), namun pada dasarnya komputer membutuhkan tenaga listrik langsun, lain halnya dengan laptop, laptop yang masih dalam keadaan normal memakai battery untuk menghidupkannya, apabila daya battery sudah habis, harus dicharger sampai penuh. 

Dalam kasus ini banyak yang beryatan, kenapa komputer mati sendiri saat bermain game ? Atau saat browsing biasa, banyak faktor yang menyebabkan komputer mati sendiri, antara lain bisa saja Power Supply dalam keadaan rusak atau tidak normal, kenapa laptop mati sendiri saat bermain game ? 
Sebenarrnya banyak faktor yang dapat menyebabkan laptop mati sendiri saat digunakan. Antara lain

laptop mati saat bemain game


1. Laptop Terlalu Panas , OverHeat

Saat bermain game tentunya prosessor laptop akan bekerja lebih keras, dibanding saat browsing biasa, apalagi digunakan untuk bermain game sambil mendengarkan musik. Ditambah lagi, spesifikasi laptop yang anda gunakan tidak memenuhi standar dari game yang anda mainkan. Umunya orang awam, akan membeli laptop dengan sepesifikasi yang rendah, dan memainkan game berat dalam jangka waktu yang lama, laptop akan bekerja lebih besar dari batasnya. 

2. Laptop Sudah Lama

Laptop yang sudah dipakai dalam jangka waktu lama, pasti memiliki penurunan dalam kinerjanya, apalagi digunakan untuk bermain game yang berat. Umunya laptop bisa bekerja optimal normalnya, kurang lebih sekitar 3 tahun, bagus kalau masih bisa digunakan lebih dari itu, namun pastinya kinerjanya tidak sama seperti saat baru membelinya.

3. Harddisk Mengalami Kerusakan

Harddisk laptop adalah tempat untuk menyimpan data atau filesystem dari laptop anda, saat laptop beroprasi/digunakan, piringan seperti cd didalamya (platter) akan berputar. Harddisk yang rusak dari sisi software, seperti partisi dalam harddisk unallocated, masih bisa diperbaiki dengan menggunakan software pendukung. Namun jika kerusakan terjadi dari sisi hardware akan sulit untuk memperbaikinya

4. VGA Card Laptop Rusak

VGA (Visual Grapchic Array) card yang rusak juga bisa jadi penyebab laptop mati sendiri saat bermain game. Faktor ini akan lebih kuat apabila VGA card yang ada pada laptop anda tidak sesuai dengan standar dari game yang anda mainkan, namun anda masih memaksakannya.

5. Daya Battery Semakin Berkurang

Daya yang saya maksud bukan dari berapa persen battery laptop tersebut, namun daya yang dapat ditampung oleh battery tersebut, battery yang sudah samakin berkurang, tidak hanya menyebabkan laptop mati saat digunakan, lebih parahnya lagi, laptop tidak bisa dinyalakan, butuh daya dari charger langsung untuk bisa menyalakannya, dan apabila charger dicabut laptop akan mati. Hal seperti itu sudah sangat sering saya jumpai di masyarakat sekitar

Untuk cara mengatasinya, atau lebih tepatnya mencegah kejadian tersebut terjadi pada laptop anda adalah sebagai berikut.

1. Jadilah Pengguna Komputer yang Bijak

Pahamilah spesifikasi laptop yang anda gunakan, jika laptop yang anda gunakan adalah laptop dengan spesifikasi rendah yang umunya hanya digunakan untuk kegiatan browsing atau mengetik, labih baik jangan digunakan untuk memainkan game-game yang berat. 

2. Beli Laptop Gaming

Seperti yang saya tulis diatas, pahami spesifikasi laptop anda, jika anda memang ingin memainkan game-game terbaru yang termasuk game berat, belilah laptop yang memiliki spesifikasi tinggi, dalam hal tersebut laptop akan kuat untuk memainkan game yang berat

3. Jangan Bermain Dalam Waktu Lama

Meskipun laptop anda memiliki spesifikasi yang tinggi, dan kuat untuk memainkan game yang berat, jangan berpikiran pendek, bermain game membutuhkan sumbar daya yang besar, dari segi prosessor dan harddisknya akan terus bekerja, akan beda jika anda bermain game selama 3 jam, dengan bermain game selama 12 jam.


Kesimpulan yang dapat kami ambil adalah, anda boleh saja bermain game namun perhatikan spesifikasi laptop anda, jika laptop yang anda gunakan memang laptop gaming, jangan bermain game dalam waktu yang lama, itu pun akan juga bisa merusak laptop anda, dan juga bisa merusak mata anda.


Diatas adalah penjelasan tentang :

Kenapa Laptop Mati Sendiri Saat Bermain Game ? Penyebab dan Cara Mengatasinya




Previous
Next Post »
0 Komentar