Pilih Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan atau Rekayasa Perangkat Lunak

January 25, 2017
Selamat datang dan bertemu lagi di zonatkj.net, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang 2  jurusan terpopuler yang ada di smk, tkj (teknik komputer dan jaringan) dan rpl (rekayasa perangkat lunak). Bagi anda yang masih bingung untuk pilih jurusan tkj atau rpl, saya akan memberikan sedikit gambaran, dengan tujuan memberikan sedikit informasi untuk anda.

Jurusan tkj dan rpl, menurut saya adalah jurusan yang paling populer di smk, 2 jurusan tersebut sama-sama bergelut dibidang teknologi dan informasi, selalu berhubungan dengan yang namanya teknologi, semakin berkembang teknologi, semakin berkembang juga pembahasan dari 2 jurusan tersebut, jadi itulah yang bisa membuat jurusan rpl dan tkj menjadi jurusan terpopuler di smk.

Namun, jika anda masih bingung untuk lebih memilih jurusan tkj atau rpl, berikut saya akan memberikan saran dan gambaran untuk anda. 

teknik komputer dan jaringan

A. Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan

TKJ adalah jurusan yang mempelajari seputar komputer dan jaringan, jika anda cenderung minat ke komputer, suka mengotak ngatik komputer,melakukan konfigurasi jaringan, TKJ adalah jurusan yang tepat untuk anda, berikut adalah beberapa ilmu yang bisa anda dapatkan jika masuk di jurusan teknik komputer dan jaringan.
  1. Perakitan Komputer. Hal ini mungkin bisa dianggap biasa oleh orang awam, orang yang tidak sekolah pun bisa merakit komputer. Namun, apakah bisa untuk mempertimbangkan spesifikasinya, kestabilannyan, dan juga kaitan antar komponen ? Di jurusan tkj anda akan mempelajari beberapa pembelajaran komputer dasar, mengenai kebutuhan komputer terhadap pengguna, spesifikasi komputer, merancang perangkat komputer, dan juga melakukan troubleshooting.
  2. Konfiguasi Jaringan LAN dan WAN. Di jurusan tkj anda akan mepelajari cara konfigurasi perangkat lan dan wan, perangkat lan bisa berupa accesspoint, dan perangkat wan berupa router. Jika anda tipe orang yang suka dengan jaringan, pilih saja jurusan tkj, di sana anda akan lebih dalam mempelajari tentang jaringan.
  3. Membangun Server Linux. Jurusan teknik komputer jaringan identik dengan pengunna sistem operasi linux, kenapa ? karena dalam pembelajaran membangun sebuah server, siswa dituntut untuk bisa melakukan instalasi dan penggunaan sistem operasi linux berbasis CLI (command line interface)
B. Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak
RPL dalah jurusan yang mempelajari perangkat lunak dari komputer, seperti membuat sebuah software, membuat sebuah web, membuat sebuah aplikasi web, aplikasi skolah, dan hal lain yang berhubungan dengan software. Berikut adalah ilmu yang bisa anda peroleh jika masuk jurusan rekayasa perangkat lunak
  1. Mengenal Bahasa Pemrograman. Jurusan rpl identik dengan yang namanya bahasa pemrograman, dalam jurusan rpl anda akan mengenal yang namnya algoritma pemrograman, dan disusul beberapa bahasa pemrograman. Seperti, bahasa pemrograman dari sisi client berupa html, javascript, css, bahasa pemrograman dari sisi server berupa php. Dengan mempelajari bahasa pemrograman anda juga bisa melatih logika anda
  2. Web Desain. Membuat desain web adalah tugas dari seorang siswa jurusan rpl, desain website yang bagus dan rapih juga akan membuat pengunjung merasa nyaman dan betah melihat website tersebut. Dalam web desain seorang siswa bekerja dengan unsur visual pada suatu halaman website
  3. Web Development. Dalam hal ini, kita akan bekerja untuk membuat sebuah aplikasi dalam tampilan web, kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman server seperti PHP. Jika web desain bekerja pada unsur visual, web developmnet bisa dibilang bekerja dari sisi dalam sebuah website.
Diatas adalah beberapa gambaran jika anda masih bingung Pilih Jurusan TKJ atau RPL, sebenarnya mudah saja, apabila anda minat dan mempunyaa obsesi ke jaringan, lebih baik anda masuk teknik komputer dan jaringan, jika anda lebih cenderung berminat dan menyukai software dan web, masuk saja jurusan rekayasa perangkat lunak. 
Hal di atas sebatas gambaran dari saya untuk anda, diluar itu adalah hak anda untuk lebih memilih jurusan mana, dan menganggap jurusan mana yang lebih baik, setiap jurusan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri
Previous
Next Post »
0 Komentar