Peluang Usaha Bisnis Online Inovatif Siswa SMK Jurusan TKJ

August 05, 2017
Dunia kerja semakin lama kian semakin berkembang, yang dulunya kita menjual barang dagangan melalui toko, sekarang kita sudah bisa melakukan jual beli online. Tidak menutup kemungkinan para pemberi jasa juga melakukan pekerjaan secara online. Semakin besarnya persaingan dalam dunia kerja sekarang ini ditandai dengan adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).

MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) merupakan salah satu program dimana kita bisa bebas mencari pekerjaan di negara-negara anggota asean. Dengan adanya MEA orang dari luar negeri pun bisa mencari pekerjaan di Indonesia. Jika diri kita sendiri belum siap untuk menghadapi MEA, kita akan tergeser oleh pesaing kita yang lebih berkompeten dari negera lain.

Untuk menambah kesiapan terhadap menghadapi MEA, adanya Sekolah Menengah Kejuruan sangat diperlukan, mengapa ? Karena sekolah menengah kejuruan mencetak lulusan yang siap bekerja di lapangan. Materi pembelajaran di smk juga ditekankan pada kegiatan praktek daripada hanya teori, di smk juga terdapat lembaga sertifikasi yang menjamin siswa lulusan memiliki kompetensi yang cukup jika sudah terjun ke dunia kerja. Tidak hanya itu, pihak smk pasti juga memiliki hubungan kemitraan dengan berbagai perusahaan yang ada, bahkan pabrik. Berikut sedikit akan saya berikan kelebihan smk daripada sma.


Peluang Usaha Bisnis Online Inovatif Siswa SMK Jurusan TKJ


1. Lulusan smk memiliki bekal yang cukup untuk terjun ke dunia kerja
2. SMK memiliki badan sertifikasi yang resmi
3. SMK menekankan praktek
4. Adanya kemitraan antara smk dengan berbagai perusahaan

Bicara tentang smk, jurusan yang paling populer menurut saya adalah jurusan tkj (teknik komputer jaringan) kenapa ? Karena siswa tkj cocok dengan keadaan saat ini, keadaan dimana teknologi sudah menjadi kebutuhan pokok semua orang. Lulusan jurusan tkj diharap bisa dan siap untuk menghadapi adanya MEA. Banyak lapangan pekerjaan yang bisa diciptakan oleh siswa jurusan tkj.

Tentang peluangusaha siswa tkj memang banyak, salah satunya adalah membuat toko komputer, dan service komputer. Namun sekarang sudah jamannya bisnis online yang menggunakan internet sebagai sarana untuk bekerja, dengan begitu pelanggan yang kita dapat tidak hanya dari sekitar kita, namun dari seluruh Indonesia. Berikut adalah peluang usaha bisnis online siswa tkj

1. Membuka Jasa Setting Jaringan Mikrotik Secara Online

Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang mengeluarkan berbagai macam produk perangkat jaringan, salah satunya adalah RouterBoard Mikrotik. Router mikrotik adalah router yang cukup populer dan banyak digunakan oleh pada networker(pekerja jaringan). Jika anda salah satu lulusan siswa jurusan tkj, ini adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan. Dengan membuka jasa setting mikrotik secara online, anda bisa melakukan pekerjaan dirumah dengan pelanggan yang jauh dari tempat anda, tentunya membutuhkan jaringan internet. Jasa setting mikrotik secara online memang banyak yang menjalankan, namun banyaknya kebutuhan pelanggan tentang jaringan, menjadikan jasa ini masih membutuhkan orang seperti anda, berikut sedikit kompetensi yang setidaknya harus anda miliki untuk pekerjaan ini.
  • Paham tentang subnetting 
  • Paham tentang topologi jaringan 
  • Paham tentang cara instalasi router mikrotik 
  • Paham tentang konfigurasi router mikrotik, baik mikrotik dasar atau mikrotik lanjut 
  • Paham tentang jaringan internet, setidaknya cloud server 
  • Paham tentang troubleshooting 
  • Paham tentang administrasi jaringan
Saya menekankan untuk memahami bukan untuk tahu dan hafal saja, karena dengan memahami kita  menjadi lebih siap dan percaya diri, kalau sekedar tahu dan hafal saja, tanpa bisa memahami, saya rasa itu akan mempersulit anda.


Baca Juga : 9 Langkah Mudah Setting  Mikrotik Dasar Dengan VirtualBox

2. Jasa Setting Server Linux Secara Online

Linux adalah sistem operasi open source yang gratis dan bebas untuk didownload maupun dimodifikasi. Linux juga memiliki performa yang cukup baik didukung dengan keamanan yang lebih daripada windows, berikut sedikit tentang kelebihan linux dibanding windows.
  • Linux sistem operasi gratis (opensource) 
  • Linux memiliki performa yang tinggi, bisa hiduo 24 jam 
  • Linux memiliki banyak variasi 
  • Linux bebas dimodifikasi dan boleh dipublikasikan 
  • Linux bebas install aplikasi 
  • Linux memiliki keamanan yang tinngi
Dari berbagai faktor tersebut, sistem operasi linux banyak digunakan untuk membangun sebuah komputer server. Banyak admin server memilih linux yang memilih linux karena juga banyak paket aplikasi yang mendukung performa dari server itu sendiri, mulai dari instalasi sampai monitoring jaringan. Untuk lulusan tkj, pekerjaan ini memang sangat cocok, karena dalam pembelajaran saat di smk, membuat komputer server sudah pernah diajarkan meskipun tidak sampai mendalam dan terperinci. Membuat sebuah server linux memang cukup mudah, komputer lama yang hanya memiliki ram dan kapasitas harddisk yang kecil, sudah bisa diinstall linux server. Konfigurasi server linux bisa dilakukan jarak jauh malalui remote access, menggunakan paket ssh server. Jadi jasa setting server linux secara online bisa menjadi lebih mudah. Berikut kompetensi yang setidaknya harus anda kuasai
  • Paham tentang subnetting 
  • Paham tentang topologi jaringan 
  • Paham tentang konfigurasi ip address di linux 
  • Paham tentang paket paket kebutuhan untuk membangun server 
  • Paham tentang instalasi dan konfigurasi paket layanan server (web server, dns server, database server, webmail server, dll). 
  • Paham tentang monitoring server 
  • Paham tentang troubleshooting
Tidak begitu sulit bukan, mengingat beberapa besar kompetensi sudah pernah diajarkan di smk. Kalau anda mau berusaha, saya yakin anda bisa berhasil dan sukses.


Baca Juga : Cara Mudah Konfigurasi Ip Address Linux Debian 8

3. Membuat Toko Komputer Online

Sekarang adalah zamannya bisnis online, dimana setiap barang dijual secara online di setiap toko online yang ada di internet. Bisnis online sekarang ini kian terus berkembang, dari bisnis online yang menjual peralatan rumah tangga, smartphone, aksesoris handphone, dan peralatan komputer sekalipun. Belajan di toko online memang banyak untungnya, seperti harga yang lebih murah, serta kita bisa bebas memilih toko yang ada di seluruh dunia. Usaha membuat toko komputer online adalah usaha yang cukup menguntungkan, dengan begitu kita akan mendapatkan pelanggan dari seluruh dunai. Jika anda sudah memiliki toko komputer di rumah, itu akan lenih mempermudah menjalankan bisnis online ini, anda tinggal membuat toko online sendiri. Jika anda belum paham tentang cara membuat toko online, anda bisa menyewa jasa pembuatan website toko online yang terpercaya. Berikut adalah beberapa syarat jika anda ingin memulai usaha toko komputer online.
  • Memiliki website toko online
  • Memiliki rekening
  • Paham tentang jual beli online
  • Memiliki barang untuk dijual
Jika anda tidak memiliki produk untuk dijual, anda bisa menjadi reseller dari toko komputer yang ada disekitar anda, dengan kesepakatan yang jelas tentunya. Menjalankan toko online memang tidak mudah, kita harus paham tentang jual beli online. Untuk itu akan lebih baik jika anda mencari tahu dulu cara jual beli online di internet.


4. Menulis Artikel Tentang Komputer dan Jaringan

Jika anda tergolong orang yang mahir dalam komputer dan jaringan, serta anda memiliki hoby menulis artikel, ini adalah sebuah bisnis yang cocok dengan hoby anda. Sekarang juga lagi banyak-banyaknya orang yang membuka jasa content writer. Anda menawarkan jasa untuk menulis artikel tentang komputer dan jaringan yang lalu anda tawarkan kepada orang yang memiliki website dengan tema tersebut. Jasa menulis artikel memiliki keuntungan yang lumayan, setidaknya anda memiliki nilai lebih selain hobymenulis artikel. Berikut hal yang setidaknya harus anda pahami.
  • Paham tentang komputer dan jaringan
  • Paham tentang cara membuat tulisan yang benar
  • Paham tentang teknik seo dalam tulisan
Untuk memulai usaha ini, setidaknya anda sudah memiliki artikel yang nantinya akan anda promosikan di forum-forum atau group facebook tentang blogging

5. Jasa Setting Squid Proxy Server

Squid adalah sebuah paket aplikasi yang fungsinya untuk mengaktifkan layanan proxy server,dengan squid proxy server anda bisa menyimpan cache website yang telah anda kunjungi, dengan demikian anda akan lebih menghemat bandwith. Jasa setting squid proxy ini mulai populer seiring banyaknya para pengguna internet di indonesia. Usaha ini sendiri membutuhkan skill membangun server linux, tentunya anda sebagai siswa tkj sudah pernah mendapatkan ilmu tentang membangun sebuah squid proxy server. Banyak fungsi dari squid proxy server, selain untuk memblokir website yang sering dilakukan setiap Uji Kompetensi Keahlian TKJ, squid proxy server juga bisa digunakan untuk menyimpan cache website http dan https, baik video anda gambar, dan masih banyak lagi fungsinya. Berikut adalah kompetensi yang harus anda pahami
  • Paham tentang instalasi server linux
  • Paham tentang konfigurasi squid proxy server
  • Paham tentang cara menyimpan cache, baik http atau https
  • Paham tentang cara meyimpan cache video youtube
  • Paham tentang menyimpan cache game online


Setidaknya ada beberapa peluang usaha siswa tkj lagi yang masih bisa anda cari, namun cukup itu dulu yang saya sarankan, selebihnya akan saya bahas di postingan yang lainnya. 

Previous
Next Post »
0 Komentar