Cara Cepat dan Tepat Belajar Memahami Linux

April 05, 2015
Cara Cepat dan Tepat Belajar dan Memahami Linux

Selamat datang para reader,

Untuk kali lini saya akan share cara cepat untuk mempelajari sistem operasi open source, yaitu linux.
Mungkin sebagian dari kita masih begitu asing dengan linux, karena hampir setiap hari sistem operasi yang kita gunakan adalah windows, namun apakah anda yakin yang anda pakai adalah sistem operasi berlicense ?

Atau sistem operasi bajakan ? maka dari itu mulai dari sekarang coba untuk mengenal sistem operasi linux, khususnya debian,

Dari pengalaman saya selama menjadi anak teknik komputer jaringan, saya mengalami banyak sekali kesulitan saat mengoperasikan sistem operasi linux ini, mulai dari editing video,membuka file yang dikompres di linux , bahkan untuk membuat dokumen.

Untuk itu saya akan share cara tepat dan cepat memhami linux.

1. Niat yang kuat.

Cara yang pertama adalah anda harus mempunya niat yang besar untuk terlepas dari sistem operasi windows, dan pindah ke sistem operasi linux, karena bagi anak teknik wajib hukumnya untuk memahami sistem operasi ini. Baik bagi kebutuhan jaringan, ataupun yang lainnya.

2. Belajar dasar-dasarnya.

Bagi anda yang masih baru dalam sistem operasi linux, sebiknya pelajari dulu hal dasar dari linux, mulai dari file system linux, perintah dasar liux, perintah superuser linux.

3. Jangan samakan linux dengan windows.

Setalah anda pindah dari sistem operasi windows ke linux, jangan samakan antara windows dengan linux, pada dasarnya memang berbeda, maksudnya adalah dengan modifikasi linux sehingga sama dengan windows, dalam hal edit poto misalnya, di windows ada photoshop, di linux juga ada, yaitu GIMP

Itu adalah seditkit cara tepat dan cepat belajar linux dari saya, bagi anda yang memiliki keinginan untuk memperlajari linux, teruskan niat anda.
Previous
Next Post »

12 comments

  1. wah.. belum ada niat gan masuk ke Linux

    ReplyDelete
  2. thx infonya gan jdi nambah ilmu nie

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. kalau udah biasa, ya kayak maen windows om

      Delete
  4. mantep gan ternyata ini to gan makasih gan udah mau share

    ReplyDelete
  5. dasar" nya harus paham gan,sayang install inuxnya dimana

    ReplyDelete
  6. Pakai dual system bisa menjadi alternatif sebelum benar benar migrasi ke linux. Karena dr jaman dl di cekokin windows terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya om, gak bisa nyalahin siapa siapa, pelajaran komputer pun juga diawali dari windows, mungkin sekarang belum bisa, entah kedepannya :)

      Delete
  7. om cara install MDM di GNOME gimana yo om? tak coba gagal terus om

    ReplyDelete
  8. Makasih untuk sharing info ini ya...
    Ditunggu kunjungan baliknya ke tulisan terbaru saya di Rekomendasi Software Edit Video untuk Laptop atau Cek Toko Komputer Online Terpercaya

    ReplyDelete