Istilah-Istilah Teknologi Dalam Processor

April 13, 2015
istilah-istilah teknologi dalam processor

Setelah mengetahui pengertian dan bagian dari processor, untuk itu kali ini saya akan membahas tentang istilah istilah teknologi dalam processor, biasanya istilah ini dipakai bagi para teknisi komputer diberbagai daerah.


1. Bus Clock 
Bus clock adalah lebar jalur untuk transfer data processor, berfungsi untuk mengirim dan mengambil data dari komponen komputer. istilah lain dari bus clock adalah FSB ( Front Side Bus). Sebagai contoh Intel Pentium 4 clock speed 1.6 Ghz PC-400, berarti processor tersebut bekerja pada bus 400 Mhz dan dalam pengiriman data, sekali mengirim bisa sampai 400 juta data, besar dari FSB sendiri harus didukung oleh kemampuan FSB yang dimiliki oleh motherboard, agar kinerja bisa stabil

2. Clock Speed Processor 
Clock speed processor adalah kecepatan processor dalam melakukan pemrosesan data atau mengeksekusi perintah yang bisa diselesaikan dalam waktu satu detik. Misal, Inter Pentiun 4 memiliki clock speed 1,6 Ghz, berarti processor mempunyai kecepatan untuk mengeksekusi perintah dari braindware sebesar 1600 juta dalam satu detik.

3. Cache Memory 
Cache memory dalah jenis memori yang terdapat pada processor dan berfungsi menyimpan perintah yang dilakukan oleh processor. Cache memory dibagi menjadi 2 macam :
- Cache first level atau cache L1
  Umunya, processor menggunakan L1 yang berkembang mulai dari 8Kb, 64Kb, 128Kb.
- Cache second level atau cache L2
  Cache L2 umumnya processor memiliki kapasitas yang lebih besar daripada yang digunakan processor L1 dan sekarang dikenal dengan istilah core.

4. OverClock CPU
Overclock CPU adalah teknik untuk meningkatkan atau menaikkan nilai clock speed processor dari kecepatan umum yang dimiliki processor . Overlock ini dilakukan dengan mengubah setting nilai FSB dan multiplier pada motherboard.

Itu tadi sedikit informasi tentang istilah istilah teknologi dalam processor
Previous
Next Post »
0 Komentar