[Sekilas Info]Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Boyolangu

October 15, 2016
Teknik Komputer dan Jaringan
Perlu pembaca tahu, admin adalah alumni dari jurusan teknik komputer dan jaringan di smkn 1 boyolangu tulungagung, saya akan sedikit memberikan informasi mengenai jurusan ini dan bagaimana pembelajarannya

Jurusan teknik komputer dan jaringan di esemkita (sebutan), merupakan jurusan yang banyak peminatnya, terbukti adanya peningkatan pendaftar 3 tahun terakhir, pada tahun 2014 ] jurusan TKJ ini menyediakan 2 kelas dengan masing masing siswa antara 30-35. Pada tahun 2015, pendaftar mulai meningkat, oleh karena itu sekolah menambahakan 1 kelas lagi dan 1 lab.

Di SMK Negeri 1 Boyolang Tulungagung, terdapat 4 Lab yang biasa digunakan untuk pembelajaran siswa tkj, antara lain, Lab TKJ 1, Lab TKJ 2, Lab TKJ 3, Lab Dasar. Banyak peralatan yang mendukung proses pembelajaran siswa. Di Lab tersebut siswa biasa melakukan pendalaman materi dan praktek, praktek antara lain adalah perakitan komputer dan konfigurasi jaringan linux. Banyak tersedia access point, komputer yang bisa digunakan siswa untuk melaksanakan praktek kerja.

Tidak selalu siswa tkj hanya mendalami tentang jaringan, banyak siswa tkj esemkita yang ahli di bidangnya sendiri, ada yang pintar dalam desian grafis, service handphone, dll. Didukung dengan tenaga pengajar yang memadai, siswa dapat memahami materi yang disediakan. 

Dalam praktek kita, biasanya kita disediakan 2 komputer, 1 komputer sebagai server, 1 komputer sebagai client, di dalam Lab terdapat kurang lebih 30-35 komputer, jadi dibentuk kelompok agar setiap siswa bisa menggunakan komputer. Praktek berupa membuat sebuah server berbasis linux debian, antara lain membuat web server,dns server, ftp server, ssh server, mail server dan webmail server

Apabila anda memang ingin dan berniat untuk mempelajari teknik komputer dan jaringan dari awal, pelajari dan pahamilha dari pertama anda masuk jurusan tersebt, jika anda mendapat kesempatan, anda bisa ikut Lomba Kompetensi Siswa(LKS) bidang IT/Networking Support, sudah 2 tahun ini, siswa TKJ lolos seleksi tingkat Kabupaten dan mewakili ke tingkat Jawa Timur. 


Apabila anda siswa Tulungagung yang masih duduk dibangku kelas 9, anda bisa mepertimbangkan unutk masuk kejurusan ini setelah lulus nanti. 

Dan apabila anda ingin memperlajari tentang server linux, bisa di blog ini

Untuk lebih jelasnya anda bisa masuk ke website SMKN 1 Boyolangu Tulungagung

Previous
Next Post »

1 comment