Jenis-Jenis Keamanan dan Algoritma Keamanan Pada Sistem Operasi Jaringan

January 09, 2017
Selamat datang di zonatkj.net, kali ini saya akan membahas seputar kemanan jaringan, lebih spesifiknya adalah jenis keamanan dan algoritma keamanan pada sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan adalah sebuah sistem operasi yang digunakan untuk kebutuhan jaringan, seperti linux server.

Sistem operasi jaringan linux memang memiliki kemanan yang cukup baik, seorang admin server dapat leluasa membuat aturan untuk menjaga keamanan jaringannya. Keamanan jaringan tidak hanya dari segi OS nya saja, namun dalam sisi hardware juga harus diperhatikan. 


Berikut adalah jenis-jenis kemanan pada sistem operasi jaringan

1. Kemanan Fisik/Perangkat Keras

Kemanan fisik lebih diutamakan pada segi perangkat keras atau hardware, hal ini bertujuan untuk melindungi perangkat keras jaringan agar tetap dalam kondisi baik dan stabil melakukan operasi pada sebuah jaringan. Contohnya seperti pada komputer server, kita memakai casing yang kuat, tahan dengan tekanan dan panas. Memasang pelindung pada perangkat jaringan seperti router, switch dan accesspoint

2. Kemanan dalam Jaringan

Jenis kemanan ini lebih bersifat software, dalam janis kemanan ini seorang admin server bisa menggunakan software atau perangkat lunak lain untuk melindungi jaringannya. Seperti memasang firewall atau proxy untuk memfilter user yang ada dalam jaringan.

3. Keamanan Otorisasi Akses

Jenis keamanan ini adalah dengan metode penggunaan password/kata sandi bila kita ingin mengakses suatu jaringan. Hal ini bertujuan untuk memeastikan user yang menggunakan jaringan, adalah user yang diperbolehkan/terdaftar. Dengan adanya keamanan ini, user yang tidak terdaftar, tidak bisa mengakses jaringan tersebut. 

4. Proteksi Virus

Virus memang adalah sebuah permasalahan bagi setiap pengguna komputer, virus bisa menyerang harddisk kita dan menginfeksi  file-file penting kita. File penting kita bisa saja terhapus atau terproteksi tanpa sepengetahuan kita. Karena virus pula harddisk kita bisa kekurangan free space, meskipun tidak ada file dalam partisi tersebut. Dan apabila sistem operasi jaringan kita terinfeksi virus, hal tersebut juga akan berdampak pada user-user yang terhubung dalam jaringan

5. Penanganan Bencana / Troubleshooting

Penanganan bencana ini adalah langkah-langkah yang diambil jika terjadi sbuatu bencanan, atau serangan dari user yang tidak bertanggung jawab, sehingga mengakibatkan sebuah sistem rusak dan hilangnya data-data penting. Troubleshooting ini bisa saja dilakukan dari sisi hardware ataupun software.

Untuk yang berikut ini adalah jenis algoritma kemanan sistem operasi jaringan

1. Algoritma Keamanan RSA

RSA adalah salah satu jenis algoritma kriptografi yang digunakan sebagai kunci publik yang paling terkenal. RSA diambil dari huruf awal para pencetusnya, RSA (Rivest - Shamir - Adleman). Algoritma ini dibuat oleh 3 orang tersebut, kemanan algoritma ini terletak pada sulitnya memfaktorkan bilangan yang besar menjadi faktor-faktor prima. Pemfaktoran ini dilakukan untuk meperoleh kunci rahasia, selama pemfaktoran bilangan besar menjadi faktor-faktor prima belum ditemukan algoritmatnya (pemecahannya) maka selama itu pula kemanan algoritma RSA tetap terjamin

2, Protokol Diffie-Hellman

Protokol merupakan serangkaian aturan yang terurut yang harus dilakukan untuk tercapainya tujual. Protokol Diffie-Hellman diperkenalkan oleh Whitfield Diffie, yang mempertukarkan kunci antara pihak yang saling berkomunikasi. Protokol ini bekerja pada saluran komunikasi publik yang tidak aman, namun dapat menghasilkan kunci secara aman.


Diatas adalah penjelasan tentang:

Jenis Kemanan dan Algoritma Pada Sistem Operasi Jaringan. 

Untuk artikel selanjutnya akan segera saya update, 

Previous
Next Post »
0 Komentar