10 Manfaat Komputer Dalam Kehidupan Masyarakat Sehari - Hari

February 02, 2017
Selamat datang di zonatkj.net, untuk kali ini saya akan membahas seputar komputer. Banyak definisi tentang pengertian komputer. Komputer adalah sebuah perangakat yang mampu menerima masukkan (input), lalu mengeksekusinya atau mengolahnya  (proses), lalu mengeluarkan sebuah keluaran (output) bisa berupa gambar, video, atau suara.

Menurut pengertian di atas, terdapat perangkat input dan perangkat output dari komputer, berikut penjelasannya.
  1. Perangkat Input, perangkat ini berfungsi untuk memberikan inputan / perintah ke komputer, perangkat input seperti mouse, keyboard.
  2. Perangkat Output, perangkat ini berfungsi untuk mengeluarkan sebuah hasil yang telah di proses oleh komputer, perangkat output seperti printer, sound.
Komputer diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah setiap pekerjaan manusia, di zaman sekarang ini setiap orang dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer, karena setiap pekerjaan banyak yang mengandalkan komputer.

Dan pada postingan kali ini saya akan membahas tentang manfaat komputer bagi masyarakat.Siapa yang tidak mengenal komputer, komputer sangat memberikan peranan penting bagi setiap orang, komputer bisa mempercepat pekerjaan seseorang. Komputer adalah bentuk dari nyatanya proses globalisasi, jadi kita tidak bisa menolaknya ataupun bersikap acuh.


10 Manfaat Komputer Dalam Kehidupan Masyarakat Sehari - Hari


10 Manfaat Komputer Dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-Hari


Semakin maju zaman, semakin berkembang juga teknologi yang dibuat manusia, mulai dari komputer pertama yang diciptakan, sampai sekarang komputer yang bisa digunakan untuk bermain game (komputer gaming). Setiap orang pastinya mengenal apa itu komputer, bahkan anak balita yang berumur -+5 tahun sudah bisa mengoperasikan komputer, walaupun hanya untuk bermain game. Namun apakah anda tahu manfaat lain dari komputer, berikut adalah bentuk dari manfaat komputer di kehidupa sehari-hari.

1. Mempercepat Menyelesaikan Tugas Pelajar

Bagi pelajar, tugas adalah hal yang wajib, dulu , kita harus datang ke perpustakaan untuk mencari materi agar tugas kita selesai. Semakin berkembang zaman, semakin berkembang pula sistem pembelajaran, sekarang kita tinggal browsing di internet tentang tugas kita, lalu di cetak. Bahkan pelajar SD pun sudah mendapatkan tugas untuk mencari materi di internet. 

2. Mempermudah Petugas Kasir

Petugas kasir adalah orang yang bertugas untuk menjalankan proses akhir dari penjualan di berbagai tempat penjualan. Sekarang ini kita kerap menemui petugas kasir yang menggunakan komputer untuk mempermudah proses penjualan. Dengan adanya komputer, proses jual beli menjadi lebih cepat dan tepat. Jadi di komputer sudah terdapat database harga dari barang yang dibeli oleh pelanggan, kasir tinggal menginputkan nama barang, lalu harga akhir akan muncul. Proses transaksi penjualan yang cepat dan tepat tentunya akan menambah kepuasan para pelanggan yang membeli barang di tempat penjualan tersebut

3. Mempermudah Proses Jual Beli

Jual beli sering kita temui diberbagai macam tempat, seperti pasar, indomaret dan tempat penjualan lain. Namun hal tersebut masih bersifat lokal, maksudnya, jika anda memiliki sebuah produk penjualan, hanya orang orang dalam lingkup yang kecil produk anda akan dikenal. Dengan adanya komputer serta internet, anda bisa mengiklankan produk anda agar dikenal oleh orang di seluruh dunia. Dengan begitu produk anda akan lebih terkenal, dan tentunya meningkatkan usaha anda. Terlebih lagi sekarang banyak website-website jual beli online, seperti bukalapak, disitu produk anda akan dijual secara online, semua orang di Indonesia akan mengetahui produk anda. Di situs jual beli online pun para penjual juga akan mendapatkan bonus penjualan. Sistem jual beli online saya rasa sangat tepat bagi anda yang ingin meningkatkan usaha anda.

4. Mempermudah Administrasi di Desa

Zaman semakin modern, untuk melakukan pendataan warga desa sudah menggunakan komputer, karena komputer di nilai lebih cepat dan akurat. Dalam administrasi desa, komputer bisa berperan penting untuk membantu pekerjaan staff desa, dengan bantuan aplikasi yang aplikatif, tugas untuk mengelola administrasi desa menjadi semakin mudah dan cepat. Jika dulu, pendataan warga desa dilakukan secara manual dan tertulis, dinilai kurang efektif karena proses yang lama, walapun sudah ada mesin ketik. Namun, sekarang sudah ada komputer dan printer, apabila ada warga yang ingin membuat surat, tinggal diedit dan dicetak saja.

5. Sumber Mata Pencaharian

Dengan adanya komputer, pasti ada orang yang disebut teknisi komputer, orang yang bertugas untuk meperbaiki komputer yang rusak. Banyak kita temui tempat-tempat reparasi komputer, jual beli komputer bekas, dan install sistem operasi. Hal tersebut bisa menjadi kesempatan bagi para teknisi komputer untuk mencari uang. Namun tidak sembarangan teknisi bisa anda percayai, karena tidak sedikit pula para teknisi yang asal asalan dalam memperbaiki komputer yang rusak, dan akhirnya komputer akan tambah rusak.

6. Mempermudah Pendataan Siswa di Sekolah

Sekolah, tempat menimba ilmu bagi para pelajar, tentunya terdapat banyak siswa di satu sekolah. Apabila pendataan siswa masih menggunakan sistem manual, tentunya proses akan berlangsung lama dan kutang tepat. Sekarang sudah ada komputer dan internet, pendataan siswa di sekolah bisa semakin cepat dan tepat, bahkan raport pun sudah bisa dilihat  secara online. Dalam kuliah juga, untuk memilih mata pelajaran, kita harus melakukan input data di internet dengan komputer. Jadi, setiap warga sekolah dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer dan menggunakan internet.

7. Adanya Warung Internet

Warung internet atau sering disebut warnet(warung internet) sudah semakin menjamur di masyarakat, kurang lebih 5 tahun yang lalu, warnet sudah booming dan mulai menyebar di berbagai tempat. Tidak hanya di perkotaan, bahkan di desa pun sudah sering kita temui warung internet. Dengan adanya warung internet, bisa menguntukan para pelajar yang belum memiliki komputer sendiri dan ingin mengerjakan tugas. Bahkan sekarang sudah ada warung internet khusus gaming yang sering disebut dengan Game Center, komputer yang ada memang dikhususkan untuk kegiatan gaming, Game Center dinilai lebih menguntungkan dari pada warung internet yang biasa.

8. Mempermudah Pekerjaan Kantor

Kantor mana yang sekarang tidak memakai komputer, setiap kantor pasti menggunakan komputer untuk mempermudah proses administrasi. Jadi, setiap karyawan dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer. Dengan adanya komputer, pekerjaan kantor akan lebih cepat selesai, seperti pendataan penjualan, pendataan para pelanggan, dan merancang jadwal rapat.

9. Sarana Hiburan / Penghilang Bosan

Komputer juga bisa digunakan untuk menghilangkan rasa bosan kita, karena banyak terdapat fasilitas komputer yang bisa menghibur kita, seperti mendengarkan musik, dan menonton video. Tempat karaoke yang dulu masih menggunakan DVD player, sekarang sudah semakin berubah dan menggunakan komputer, karena dinilai lebih efektif, dapat meyimpan lebih banyak lagu. Tidak hanya itu, dengan komputer kita bisa memainkan game juga, game PS pun bisa kita mainkan di komputer, namuan spesifikasi komputer harus tinggi jika ingin nyaman untuk bermain game.

10. Pendataan Pasien di Rumah Sakit

Melakukan pendataan pasien di rumah sakit, sekarang sudah menggunakan bantuak aplikasi yang dijalankan di komputer. Dengan adanya aplikasi tersebut, akan lebih mudah untuk melakukan pendataan terhadap pasien, mulai dari nama, alamat, dan juga keluhan yang dialami. Di berbagai rumah sakit pun sistem pembayaran juga sudah menggunakan aplikasi di komputer, dengan tujuan akan lebih mudah melakukan pencarian data.  

Kita tidak bisa melepaskan diri dengan yang namaya komputer, karena begitu banyak pengaruh dan dampak positif dari komputer, namun tidak sedikit pula dampak negatif dari penggunaan komputer, seperti lupa dengan waktu.


Previous
Next Post »

1 comment