Apa Itu UNBK ? 9 Tips Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer

February 08, 2017
Semakin berkembang zaman, juga semakin berkembang sistem pendidikan di negara kita, itu yang kerap saya katakan di berbagai postingan saya, maksudnya apa ? Teknologi tidak pernah ada matinya, malah akan terus berkembang, dengan beegitu hal di sekitar kita juga akan ikut berkembang. Dulu kita menggunakan surat untuk melakukan komunikasi dengan seseorang, seiring berjalannya waktu terciptalah handphone yang memudahkan proses komunikasi, dan sekarang sudah ada komputer dan internet, kita bisa melakukan chating dengan orang yang ada di luar negeri.

Komputer adalah salah satu hasil dari perkembangan teknologi, dengan adanya komputer, sebagian pekerjaan kita akan lebih mudah untuk dikerjakan. Sebagai contoh, dulu proses pendataan warga desa, membuat surat-surat penting dilakukan dengan menggunakan manual, walaupun sudah ada mesin ketik, dinilai kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama. Dengan adanya komputer, pekerjaan tersebut menjadi jauh lebih mudah, untuk mendata warga hanya dibutuhkan aplikasi pendataan warga yang bisa dioperasikan di komputer, untuk membuat surat pun juga lebih mudah, ditambah lagi juga ada perangkat keras printer.


Apa Itu UNBK ? 9 Tips Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer


Sistem pembelajaran juga ikut berkembang seiring berkembangnya teknologi, dulu kita menggunakan buku untuk belajar, sekarang sudah terdapat ebook (buku elektronik) yang bisa kita bawa kemana-mana. Saat ingin mengerjakan tugas, kita perlu mencari buku yang sesuai dengan materi yang kita cari, jika materi yang anda temukan di buku dirasa masih kurang, anda bisa mencari materi lainnya di internet, tentunya di website / forum yang terpercaya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) adalah ujian yang menggunakan media berupa komputer atau laptop. Dulu, dalam mengerjakan ujian sekolah, ujian nasional, kita masih menggunakan kertas, baik untuk soal ataupun lembar jawaban. Namun, sekarang sudah ada yang namanya Ujian Nasional Berbasis Komputer, atau disingkat UNBK, sistem ujian nasional seperti ini sudah tidak lagi menggunakan kertas sebagai media, tetapi sudah menggunakan komputer atau laptop. Meski tidak seluruh sekolah menggunakan sistem ujian seperti itu, sudah banyak yang membangun lab komputer yang ditujukan untuk mempersiapkan UNBK.

Dengan adanya UNBK, kita akan dimudahkan untuk mengerjakan soal, dan juga mengehemat kertas pastinya. Sistem ujian seperti ini mengurangi adanya kecurangan yang dilakukan oleh siswa. Ujian nasional berbasis komputer, dijalankan dalam bentuk aplikasi yang dioperasikan lewat komputer atau laptop. Dalam aplikasi tersebut, sistem berupaya untuk mengacak setiap soal yang dibuat oleh guru, jadi akan mengurasi adanya kecurangan yang dilakukan oleh siswa, karena setiap soal akan diacak, dan setiap siswa akan mendapat soal dalam bentuk yang berbeda-beda.

Bagi anda yang akan menjalani ujian nasional berbasis komputer, saya akan memberikan sedikit tips mengerjakan UNBK.

1. Niat dan Doa
Yang pertama tentunya adalah niat dan doa, sebelum mengerjakan ujian, pastikan anda sudah memiliki niat untuk mengerjakan soal secara bersunggung-sungguh, tidak lupa dengan berdo'a tentunya. Dengan memiliki niat di awal, akan menambah rasa optimis anda untuk bisa mengerjakan setiap soal secara maksimal, dengan berdo'a akan lebih menenangkan suasana hati anda.

2. Periksa Komputer / Laptop Sebelum Mengerjakan Ujian
Jika sekolah anda sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, tentunya pihak sekolah akan menyediakan komputer dengan keadaan yang baik. Namun, periksalah setiap perangkat komputer yang anda gunakan sebelum mengerjakan ujian, laporkan jika ada perangkat yang mengalami kerusakan, seperti mouse, keyboad, headset, dan port lan. Jika anda mengalami kendala perangkat saat mengerjakan ujian, segara laporkan ke pengawas, dengan begitu waktu ujian anda bisa dihentikan dan tidak akan terbuang sia-sia.

3. Periksa Profil Anda Sebelum Mengerjakan Soal
Pada ujian nasional berbasis komputer, setiap siswa akan diberikan user dan password untuk login ke aplikasi unbk. User tersebut dibuat hanya untuk 1 siswa saja, jadi sebelum anda mengerjakan soal, pastikan bahwa anda login dengan akun anda sendiri, dalam aplikasi unbk juga terdapat menu profil untuk melihat data anda.

4. Kerjakan Soal Yang Mudah Dulu
Hampi sama seperti mengerjakan ujian dengan kertas, dalam melaksanakan unbk, pastikan anda mengerjakan soal dengaan tenang, kerjakan soal yang menurut anda lebih mudah. Jika anda terhenti di soal yang sulit, waktu akan banyak terbuang. Kerjakan soal dengan tenang, jika anda panik resiko anda melakukan kesalahan akan bertambah.

5. Hindari Berbuat Curang
Dalam sistem aplikasi unbk, setiap soal akan diacak secara random, setiap siswa akan mendapatkan soal yang berbeda-beda. Jangan samakan dengan ujian yang menggunakan kertas, yang masih memungkinkan anda untuk berbuat curang dengan saling bertukar lembar jawaban. Jika anda mengerjakan ujian di komputer, dan berbuat curang dengan bertanya dengan teman, anda akan kehilangan banyak waktu. 

6. Percaya Pada Diri Sendiri
Percayalah pada diri anda sendiri kalau anda bisa mengerjakan setiap soal dengan maksimal. Jika anda bertanya dengan teman, anda akan kehilangan waktu anda, perlu diketahui, waktu di aplikasi unbk akan terus berjalan sesuai dengan waktu ujian yang ditentukan, jika waktu memang sudah habis, tidak ada waktu tambahan. Jika anda bertanya dengan teman, akan membutuhkan banyak waktu dan teman anda pun belum tentu bisa.

7. Teliti Dalam Mengerjakan
Setiap soal yang diberikan dalam aplikasi unbk akan memiliki bentuk yang berbeda beda. Sedikit informasi, pada tahun kemarin admin mengerjakan ujian nasional berbasis komputer dalam mata pelajaran bahasa inggris, dalam ujian tersebut dibagi menjadi 2 sesi, ada ujian tulis (reading) dan ada ujian mendengar (listening), dalam ujian tertulis anda mengerjakan soal seperti biasa, namun dalam ujian listening anda diberikan soal yang menguji indra pendengaran anda. Diberikan kesempatan 3 kali memutar audio dalam setiap soal listening, jadi perhatikan setiap kata yang anda dengar, jika anda sudah memutar audio sebanya 3 kali, audio akan hilang secara otomatis.

8. Periksalah Jawaban Anda Sebelum Klik Selesai
Jika anda sudah selesai mengerjakan semua soal, pastikan untuk melakukan pengecekan pada setiap soal, apakah sudah selesai dengan benar. Pada unbk terdapat 2 jenis pilihan mengerjakan soal, dalam pengalaman admin terdapat beberapa opsi, (1) Simpan dan lanjutkan, pada pilihan ini, jika anda sudah merasa jawaban yang anda pilih benar, anda akan melanjutkan ke soal berikutnya dan jawaban anda sudah disimpan, biasanya ditandai dengan warna hijau,(2)Ragu-Ragu, opsi ini digunakan jika anda masih ragu-ragu dengan soal yang anda kerjakan, biasanya ditandai dengan warna kuning.

9. Terima Hasil Akhir Dengan Ikhlas
Jika anda sudah mengerjakan ujian berbasis komputer dengan maksimal, serahkan semua hasil pada tuhan, jika anda dinyatakan lulus, anda patut bersyukur, jika memang anda belum dinyatakan lulus, masih ada waktu untuk memperbaikinya. Ada yang namanya UNP (Ujian Nasional Perbaikan), dengan adanya ujian ini, anda akan diberi kesempatan untuk mengerjakan ujian ulang pada mata pelajaran yang belum lulus. 

Tips yang saya berikan diatas sebagain bisa anda gunakan jika sekolah anda masih menggunakan ujian dengan media kertas, karena apapun bentuk ujian nasional yang diberikan, anda harus mempersiapkan diri dengan belajar. Diatas sedikit informasi dari saya tentang Tips Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer, semoga dapat menambah sedikit informasi untuk anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar