Gunakan Internet Dengan Cerdas, 10 Cara Belajar di Internet, Website, Forum

February 01, 2017
Internet adalah sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan seluruh orang di dunia, dengan adanya internet orang dari Indonesia bisa berkomunikasi dengan orang yang ada di Amerika. Tidak hanya itu, internet memiliki banya manfaat bagi para penggunanya. Melalui internet kita bisa mengakses website, forum, yang membahas berbagai macam topik, dan bisa menambah pengetahuan kita.

Gunakan internet dengan cerdas, seperti halnya kebanyak teknologi, internet juga memiliki dampak negatif dan positif bagi para penggunanaya. Kita akan mendapatkan banyak manfaat jika kita bisa menggunakan internet dengan cerdas, namun apabila kita  menggunakan internet sebatas hanya untuk bermain game, dan hanya aktif di sosial media, melihat youtube, saya rasa itu hanya akan membuang buang waktu.

Bersosial media, melihat youtube, banyak orang yang menggapnya penting, untuk menghilangkan rasa bosan, namun jika itu dilakukan secara berlebihan, itu hanya akan merugikan waktu anda. Mungkin orang awam, hanya mengenal internet sebagai sarana hiburan, memang internet bisa digunakan sebagai sarana hiburan. Namun, sebenarnya tidak hanya itu, di internet kita bisa belajar, menghasilkan uang.

Berikut 10 Cara Cerdas Belajar di Internet


Kegiatan belajar bisa dilakukan di semua tempat, selama itu membuat anda nyaman dan betah. Belajar dengan membaca buku, juga bisa dilakukan untuk menambah ilmu, namun jika materi yang ada pada buku tidak bisa memecahkan masalah anda, anda bisa menggunakan internet sebagai solusi kedua

Belajar di internet adalah sebuah kegiatan yang dinilai sangat efektif, karena pada zaman ini banyak pelajar atau orang yang bosan membaca buku. Di internet, kita bisa belajar di website atau forum, sambil mendengarkan musik, untuk menghilangkan kebosanan. Berikut adalah 


Gunakan Internet Dengan Cerdas, 10 Cara Belajar di Internet, Website, Forum


1. Belajar di Website Terpercaya

Belajar di internet tidak bisa dilakukan sembarangan, karena tidak sedikit website yang memberikan informasi hoax, itu hanya akan membutakan anda. Untuk itu kita harus belajar di website yang sudah terpercaya, dan bisa dipertanggung jawabkan. Saran saya, gunakan internet sebagai solusi kedua setelah anda membaca buku, gunakan internet sebagai penguat materi anda.

2. Belajar di Forum Terpercaya

Jika anda seorang anak teknik komputer dan jaringan, tentunya anda akan banyak melakukan praktek kerja seputar komputer dan jaringan. Jika anda merasa pembelajaran di sekolah kurang lengkap, anda bisa masuk ke forum yang sesuai dengan topik yang anda cari. Misal seperti forum mikrotik indonesia, di sana anda akan menemukan banyak topik pembahasan mengenai mikrotik, konfigurasi mikrotik. Forum linux indonesia, jika anda ingin mebelajari membangun sebuah server berbasis linux, masuk forum linux adalah sulusinya, di sana akan dibahas banyak topik dan materi, mulai dari materi khusus pemula sampai master.

3. Gunakan Facebook Untuk Belajar

Facebok adalah website sosial media yang tidak pernah sepi pengguna, setiap orang bahkan sudah banyak yang memiliki facebook. Facebook bisa jadi cara anda untuk belajar, bagaimana caranya ? Anda hanya perlu masuk ke group facebook yang membahas topik tentang permasalahan anda. Misal, anda ingin belajar mikrotik, anda masuk saja group Mikrotik Indonesia di Facebook, tentunya akan akan lebih aktif, baik bertanya atau menjawab permasalahan setiap anggota group. Dengan begitu, ilmu anda juga akan di sharing dengan orang lain

4. Ikut Kursus Online

Kegiatan kursus tidak hanya bisa dilakukan di dunia nyata, di internet anda juga bisa mencari jasa kursus online. Banyak jasa kursus online yang tersebar di internet, seperti kursus edit poto, kursus mikrotik, kursus linux. Sama dengan di dunia nyata, jika menggunakan cara ini anda perlu mengerluarkan biaya untuk membayar jasa tersebut.

5. Seminar Online

Jika kursus bisa dilakukan hanya dengan narasumber dan anda ( 2 orang saja), lain halnya dengan seminar online, seminar online biasanya dilakukan secara live di facebook atau youtube, di siarkan secara live dan gratis, anda tidak perlu mengeluarkan biaya, tapi tidak sedikit pula yang memberikan harga. Coba anda cari seminar online di youtube, seperti tentang seminar membuat squid proxy.

6. Download Ebook / Membeli Ebook

Ebook adalah bentuk online dari buku, jika anda memiliki banyak buku dan terlalu riber dan berat membawa semua, lain halnya dengan ebook, dalam laptop atau handphone anda, bisa menyimpan ribuan ebook, dan bisa dibaca sewaktu waktu. Untuk mendapatkan ebook, anda bisa mendownloadnya gratis di website-website, jika anda ragu dengan hal yang berbau gratis, anda bisa membeli ebook premium di website jual beli online. Jika anda ingin download ebook komputer dan jaringan, anda tinggal mencari di google "Download Ebook TKJ", dan anda akan menemukan banyak ebook seputar tkj, seperti ebook debian server full, ebook mikrotik dari pemula sampai master

7. Menonton Video di Youtube

Youtube adalah sebuah website yang menyimpan berbagai macam video dari seluruh dunia, seperti kejadian lucu, video pemandangan. Jangan gunakan youtube hanya untuk melihat video seperti itu, banyak video di youtube yang bertemakan pembelajaran, seperti berbagai macam tutorial. Jika anda ingin belajar dengan youtube, anda hanya perlu menuliskan topik apa yang ingin anda pelajari di search, contoh "Cara Membangun Web Server di Linux Debian", anda akan menemukan banyak video tutorial tentang itu, bisa video berbahasa inggris dan indonesia. Cara belajar di youtube saya rasa adalah cara yang cukup efektif, karena kita bisa melihat dan mengamati setiap langkah yang diberikan.

8. Virtual Lab Online

Jika anda siswa teknik komputer dan jaringan, dan anda ingin belajar membangun server secara nyata dan live, anda bisa menggunakan jasa Virtual Lab, dengan virtual lab anda bisa melakukan praktek secara langsung, dan disediakan berbagai macam materi pendukung. Contohnya, anda ingin belajar membuat web server linux, dan ingin membuatnya secara online, anda bisa menyewa virtual lab, dan orang bisa membuka web server anda. Banyak website penyedia layanan virtual lab, ada yang memberikan harga dan ada yang gratis.

9. Ikut Kelas Online

Cara berikut saya rasa hampir sama dengan kursus online, kelas online banyak di buka di berbagai website di internet, mulai dari kelas memasak, kelas fashion, kelas teknik dan banyak lainnya, di kelas tersebut akan terdapat banyak materi , tinggal cari apa topik anda. Sama seperti kelas di sekolah, di kelas online juga terdapat materi yang diberikan, tugas yang diberikan, dan skor yang akan anda dapatkan.

10. Belajar Sambil Bermain di Website

Mengapa saya bilang belajar sambil bermain di website, karena pada umumnya seseorang akan mudah menerima materi pembelajaran jika dia dalam keadaan yang baik. Sekarang ini sudah banyak website pembelajaran yang memberikan gaya belajar sambil bermain. Seperti kelas pemrograman web,  yang di kemas dalam bentuk permainan / game, ada skor dan hadiah yang tentunya menambah semangat belajar kita.

Gunakan internet dengan cerdas dan bijak, salah menggunakan internet bisa berakibat buruk bagi anda, apalagi menggunakan internet sebagai sarana untuk meniput, anda bisa dihukum. Internet bisa menjadi penolong dan juga sumber bencana, semua tergantung cara pengguna memanfaatkannya.

Itu saja dari saya tentang Gunakan Internet Dengan Cerdas, 10 Cara Belajar di Internet, Website, Forum, semoga dapat menambah sedikit informasi untuk anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar