Cara Mengatasi Komputer dan Laptop Lambat Dengan Disk Cleanup Windows

August 28, 2017
Cara Mempercepat Komputer dan Laptop Dengan Disk Cleanup, salah satu alasan komputer atau laptop berjalan lama, adalah dari sisi freespace disk yang anda gunakan pada system. Freespace adalah ruang kosong pada disk yang masih bisa anda gunakan untuk menyimpan file . Jika freespace pada sebuah local disk mulai berkurang, akan ada peringatan bahwa space disk tersebut tinggal sedikit. Semakin sedikit space dari system (drvice c), performa dan kecepatan laptop bisa saja menurun. Apa saja yang membuat space disk bisa semakin kecil.
  • Banyak File di Disk C. Jangan biasakan menaruh atau menyimpan dokumen di disk c, untuk ini pada folder Document, Music, dan Video. Karena folder tersebut masuk pada file user disk c.
  • Filde Download. Jika anda biasa mendownload film atau musik, segera pindah file tersebut ke disk D ataupun disk E, karena folder download bawaan windows termasuk folder user disk c.
  • Cache tersimpan. Cache tersimpan juga bisa banyak memakan ruang pada disk anda, jadi usahakan untuk menghapusnya.
  • Update Windows. Jika anda juga sering mengupdate windows, space disk c juga akan semakin berkurang.
  • File Terhapus yang masih tersimpan di Recycle Bin. Jika anda menghapus sebuah file, file tersebut akan terbuang ke Recycle Bin dan tidak akan menambah freespace anda, jadi usahakan untuk menghapus isi dari recycle bin juga.

Dengan beberapa alasan tersebut, komputer dan laptop lambat. Kita bisa menambah freespace disk dengan menghapus file-file sampah ataupun cache dari komputer dan laptop dengan menggunakan disk cleanup, berikut cara menggunakan disk cleanup pada windows 7.

1. Klik Kanan pada Local Disk C, Lalu Klik Properties
Cara Mengatasi Komputer dan Laptop Lambat Dengan Disk Cleanup Windows

2. Klik Pada Disk CLeanup

3. Centang Semua Jenis File Yang Ingin Dihapus, klik OK

4. Lalu Delete Delete Files, dan Tunggu Sampai Selesai

Dengan disk cleanup kita menghapus file-file sampah yang tidak berguna yang memenuhi komputer dan laptop anda. Banyak faktor yang menyebabkan laptop dan komputer menjadai lambat, salah satu faktor yang lainnya adalah, terdapat banyak aplikasi berat yang anda install, seperti aplikasi edit video, poto. Bisa juga anda terlalu memaksakan performa laptop dan komputer anda. 
Previous
Next Post »

1 comment