Cara Membatasi Download dan Upload FTP Debian 9 Dengan Limit Proftpd

September 17, 2017
Selamat datang para pembaca, kali ini kita akan membahas seputar Cara Membatasi Download dan Upload FTP Debian 9 Dengan Limit Proftpd. Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan ftp server, fungsi dari server yang memungkinkan kita untuk bisa berbagi file antar komputer. File Transfer Protocol ini menggunakan port default 21.

Umunya dalam ftp server debian, setiap user bisa download dan upload sebuah file. Namun, dengan beberapa konfigurasi tertentu,  admin server bisa membatasi apakah user bisa download file saja, atau bisa download dan upload. Dalam debian server kita akan menggunakan proftpd dengan ditambahkan script limit, untuk membatasi hak download dan upload.

Fungsi limit ini perlu diterapkan oleh setiap admin server, dalam kasus tertentu hanya ada user yang bisa download file saja, contoh saja user tamu dalam sebuah kantor. Dan ada user yang bisa download dan upload file contoh staf dalam kantor

Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, saya harap anda sudah paham tentang Cara Setting Ftp Server Dengan Proftpd, jika sudah, anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

1. Masuk Pada /etc/proftpd/proftpd.conf
nano /etc/proftpd/proftpd.conf
Lalu tambahkan script berikut di dalam ftp server yang telah anda buat sebelumnya
<Directory *>
<Limit WRITE>
DenyAll
</Limit>
</Directory>
Cara Membatasi Download dan Upload FTP Debian 9 Dengan Limit Proftpd

Sedikit penjelasan, kita memberikan limit kepada user dalam anonymous ftp, Limit WRITE menandakan bahwa user tersebut tidak diberi hak untuk WRITE ke file dalam ftp. Atau juga bisa seperti gambar di bawah


Jika pada gambar sebelumnya kita menggunakan limit WRITE, sekarang kita menggunakan limit READ, yang artinya directory ftp tersebut tidak memberikan hak READ kepada user tersebut. Untuk percobaan yang lain, bisa anda praktekan sendiri.

Setelah anda menambahkan script seperti di atas, jangan lupa untuk restart dulu proftpdnya
service proftpd restart
2. Pengujian
Dan dalam pengujian kali ini saya akan menggunakan aplikasi Winscp. Dan sebelumnya saya telah menambahkan script untuk Limit WRITE. Saya akan mencoba untuk mengupload file pada ftp server debian. Dan lihat hasilnya, seperti gambar di bawah ini.


Pesan pada gambar di atas, menunjukkan bahwa kita tidak bisa Me-ngupload file ke ftp server kita, karena sebelumnya kita sudah menmabahkan limit WRITE. Untuk pengujian yang lain bisa anda praktekkan sendiri.

Previous
Next Post »

1 comment

  1. “Children and younger people are the fastest-growing phase of gamblers,” mentioned Virginia 코인카지노 Del. Sam Rasoul, a Democrat, who this year sponsored the first state law in the country requiring all public schools to teach students concerning the risks of gambling. Anyone who suspects that they've a gambling addiction ought to search assist. A health supplier will ready to|be capable of|have the ability to} refer the individual to an acceptable remedy supplier. A gambling addiction happens when an individual can not management the compulsive conduct.

    ReplyDelete