Apa sih NOC itu ? Ngapain Aja Tugas NOC, Skill yang harus dipelajari untuk menjadi seorang NOC

October 04, 2020

 Selamat pagi, selamat datang di Zona TKJ. Kali ini saya akan membahas khusus tentang apa sih itu Network Operational Centre ?. NOC singkatnya adalah sebuah pekerjaan dimana kita sebagai seorang yang bertanggung jawab atas pemberdayaan jaringan internet, baik pada sebuah isp ataupun RT/RW net. 

NOC bertanggungjawab atas sumberdaya jaringan internet, mulai dari troubleshooting sampai pemeliharaan jaringan. Jika ada sebuah trouble dalam sebuah jaringan, NOC adalah bagian yang bertugas untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Jika anda ingin menjadi seorang NOC, akan saya berikan sedikit bocoran skill yang harus anda pelajari, sebagai berikut




1. Topologi Jaringan

Topologi atau tata letak sebuah bangun jaringan adalah hal yang mendasar namun sangat penting, dengan memahami topologi jaringan, kita akan lebih mudah untuk melakukan troubleshooting. Contoh kasus adalah topologi dari sebuah ISP lokal, seperti backbone, topologi lan, dan topologi WAN. Jadi mulai sekarang pelajari lebih lanjut tentang topologi jaringan.

2. Mikrotik

Optional sih, namun kebanyak isp lokal banyak yang menggunakan Mikrotik sebagai router utama untuk membagi bandwitdth maupun routingnya. Skill dalam mengoperasi dan konfigurasi akan menjadi nilai tambah jika anda ingin menjadi seorang NOC. Hal mendasar seperti IP address, firewall, routing, traceroute dan hal lain perlu anda pelajari mulai sekarang.

3. Konfigurasi WLAN

Karena sekarang sudah mulai banyak isp lokal yang menggunakan antenna, ada baiknya jika kita mulai belajar mengenai jaringan WLAN. UBNT, Tplink, Tenda, adalah perangkat yang kerap digunakan pada sebuah ISP lokal sebagai antena client. Untuk antena pemancar biasanya menggunakan AirGrid atau LHG Mikrotik.

4. Troubleshooting Jaringan.

Troubleshooting adalah hal yang paling penting, kita harus tau langkah-langkah apa yang harus kita lakukan dalam mengatasi sebuah masalah. Dalam hal ini kita bermain dengan logika, melakukan pengecekan dalam berbagai tahap. Contoh kasus ada pelanggan yang komplain akses internet terkendala. Langkah troubleshooting pada umumnya akan dilakukan dalam tiap ruas, seperti dari client ke antena penerina, dari antena penerima ke antena pemancar, dari antena pemancar ke router pusat. Hal tersebut dilakukan secara bertahap untuk mengetahui letak trouble-nya.

5. Kerja sama tim.

Hal yang paling penting berikutnya adalah kerja sama tim, karena kita sebagai NOC tidak bekerja sendiri. Dalam NOC akan ada tim yang beranggotakan orang2 dalam tugas masing-masing, namun dalam tujuan yang sama. Percuma jika kita ahli dalam bidang jaringan, namun tidak bisa bekerja dengan tim, hal tersebut memungkinkan terjadinya Miskomunikasi antar tim yang akan menghambat proses troubleshooting.

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar